Contoh pengkajian diet dm

Klien tampak lemah. Pelaksanaan Pelaksanaan adalah tahap pelaksananan terhadap rencana tindakan keperawatan yang telah ditetapkan untuk perawat bersama pasien. Pada Diabetes Mellitus semua proses tersebut terganggu karena terdapat defisiensi insulin.

Pola tidur dan istirahat Adanya poliuri, nyeri pada kaki yang luka dan situasi rumah sakit yang ramai akan mempengaruhi waktu tidur dan istirahat penderita, sehingga pola tidur dan waktu tidur penderita mengalami perubahan.

Bahkan bisa dikatakan sangat baik jika anda mau menggunakan pola makan sehat tersebut meskipun anda bukan penderita diabet.

Ajarkan tentang modifikasi faktor-faktor resiko berupa: Asam lemak bebas selanjutnya akan diubah menjadi badan keton oleh organ hati. Kelainan sel beta pankreas, berkisar dari hilangnya sel beta sampai kegagalan sel beta melepas insulin. Ajarkan tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan aliran darah: Identifikasi perubahan pola makan.

Ada beberapa teori yang mengutarakan sebab terjadinya resisten terhadap insulin, diantaranya faktor kegemukan obesitas. Hal ini disebabkan hilangnya sel beta penghasil insulin pada pulau-pulau Langerhans pankreas. Seperti apa menu makan yang dapat membantu baik penderita diabetes melitus maupun anda yang bukan penderita diabetes melitus tersebut?

Informasi yang akurat tentang penyakitnya dan keikutsertaan pasien dalam melakukan tindakan dapat mengurangi beban pikiran pasien. Fungsi metabolisme utama insulin untuk meningkatkan kecepatan transport glukosa melalui membran sel ke jaringan terutama sel — sel otot, fibroblas dan sel lemak.

Faktor endogen: Klien tampak masih lemah, porsi makan habis. Obat —obat analgesik dapat membantu mengurangi nyeri pasien.

Melihat istri klien mengganti balutan klien secara mandiri, luka klien dimasase sambil direndam dalam air hangat. Anjurkan pada pasien agar menaati diet, latihan fisik, pengobatan yang ditetapkan. Sistem urinary Poliuri, retensio urine, inkontinensia urine, rasa panas atau sakit saat berkemih.

Sistem pernafasan Adakah sesak nafas, batuk, sputum, nyeri dada. Terjadinya Kaki Diabetik KD sendiri disebabkan oleh faktor — faktor disebutkan dalam etiologi. Mengganti balutan luka, mengompres dengan larutan PK dan memasase kaki klie.

Pengaturan sekresi insulin dipengaruhi efek umpan balik kadar glukosa darah pada pankreas. Kaji dan identifikasi tingkat kekuatan otot pada kaki pasien. Pola tata nilai dan kepercayaan Adanya perubahan status kesehatan dan penurunan fungsi tubuh serta luka pada kaki tidak menghambat penderita dalam melaksanakan ibadah tetapi mempengaruhi pola ibadah penderita.

Diabetes Mellitus tipe II terjadi akibat penurunan sensivitas terhadap insulin resistensi insulin atau akibat penurunan jumlah produksi insulin. Namun demikian, daftar menu makanan untuk penderita diabetes bukan hanya cocok digunakan oleh orang yang menderita penyakit diabetes melitus saja.

Pasien dapat melaksanakan aktivitas sesuai dengan kemampuan duduk, berdiri, berjalan. Berkurangnya protein dalam jaringan tubuh. Debridement Debridement adalah pembuangan jaringan nekrosis atau slough pada luka. Klien masih merasakan kesemutan.

Manifestasi gangguan pembuluh darah yang lain dapat berupa:Tentukan program diet dan pola makan pasien serta bandingkan dengan makanan yang dapat dihabiskan pasien. Ingatkan pada klien agar tidak makan selain diet DM kalori.

Berikan diet DM kalori sesuai program. Lakukan pemeriksaan GD secara teratur. Berikan pengobatan insulin (actrapid) sesuai program.

Pada DM tipe 2 jumlah insulin normal malah mungkin lebih banyak tetapi jumlah reseptor insulin yang terdapat pada permukaan sel yang kurang. Reseptor insulin ini dapat diibaratkan sebagai lubang kecil pintu masuk kedalam sel. Pada keadaan tadi jumlah lubang kunsinya kurang, sehingga biarpun anak kuncinya (insulin) banyak, tetapi karena lubang kuncinya (reseptor) kurang maka glukosa yang masuk.

CONTOH BAB III METODOLOGI dengan Diagnosa Diabetes Mellitus (DM) BAB III. personal hygiene, eliminasi, keadaan kesehatan saat ini, dan pengkajian fisik.

Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes Mellitus. Jakarta: Peneban Swadaya.

Asuhan Keperawatan (Asekp ) Diabetes Mellitus ( DM ) Terbaru

Marylin E. Doenges, ().Author: Robby S Jarot. ASKEP DIABETES MELLITUS Definisi Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit metabolik yang kebanyakan herediter, demham tanda – tanda hiperglikemia dan glukosuria, disertai dengan atau tidak adanya gejala klinik akut ataupun kronik, sebagai akibat dari kuranganya insulin efektif di dalam tubuh, gangguan primer terletak pada metabolisme karbohidrat yang biasanya disertai juga gangguan.

Penderita diabetes tipe 1 umumnya menjalani pengobatan therapi insulin (Lantus/Levemir, Humalog, Novolog atau Apidra) yang berkesinambungan, selain itu adalah dengan berolahraga secukupnya serta melakukan pengontrolan menu makanan (diet).

Pada penderita diabetes mellitus tipe 2, penatalaksanaan pengobatan dan penanganan difokuskan pada gaya hidup dan aktivitas fisik. Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit metabolik yang kebanyakan herediter, demham tanda – tanda hiperglikemia dan glukosuria, disertai dengan atau tidak adanya gejala klinik akut ataupun kronik, sebagai akibat dari kuranganya insulin efektif di dalam tubuh, gangguan primer terletak pada metabolisme karbohidrat yang biasanya disertai juga gangguan metabolisme lemak dan protein.

Contoh askep DM
Contoh pengkajian diet dm
Rated 3/5 based on 21 review